MAN 1 GRESIK BERIKAN SANTUNAN DANA BAGI SISWA KURANG MAMPU

Sebagai bentuk kepedulian sosial, MAN 1 Gresik bagikan donasi bagi siswa yang kurang mampu. Total sebanyak 110 siswa mendapatkan dana santunan Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS). Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap bulan di hari Jumat.

Kriteria penerima bantuan pun berdasarkan indikator yang telah dirumuskan oleh pimpinan madrasah. Salah satu indikator penerima Zakat, Infaq dan Shadaqah diantaranya siswa yang tergolong Yatim Piatu atau salah satu diantaranya. Kemudian dana Zis diperuntukkan bagi siswa yang tergolong kaum Duafa.

Dana ZIS bukan berasal dari Komite. Namun, dana ZIS yang disalurkan berasal dari potongan gaji atau infaq sukarela guru dan pegawai PNS yang berada di Satker MAN 1 Gresik. Selain itu, dana juga diperoleh dari GTT dan PTT yang menyalurkan donasinya secara sukarela.

Harapannya, melalui kegiatan tersebut, dapat sedikit membantu perekonomian siswa MAN 1 Gresik yang kurang mampu. Uang yang diberikan diharapkan dapat digunakan untuk membeli keperluan sekolah. Selain itu siswa penerima bantuan dana ZIS dapat menggunakan dana yang telah disalurkan sebagai penunjang uang saku sehari-hari.

Kepala MAN 1 Gresik Drs. H. Muhari, M.Pd.I ketika dihubingi secara terpisah menuturkan bahwa kegiatan penyaluran santunan Zakat, Infaq dan Shadaqah merupakan program rutin. Kalau Kemenag Gresik punya program Kemenag Berinfaq, maka MAN 1 Gresik juga memiliki Program ZIS. Kegiatan penyaluruan dana Zis tersebut bertujuan untuk dapat meringankan beban siswa MAN 1 Gresik yang tergolong kurang beruntung. Selain itu hal ini juga sebagai edukasi kepada sleuruh keluarga besar MAN 1 Gresik untuk memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Leave a Comment